Membuat mockup API dengan cepat untuk Frontend (Website, Mobile, Desktop)

Untuk membuat sebuah aplikasi berbasis website, mobile, maupun desktop salah satu hal yang paling utama di perlukan adalah API yang berfungsi untuk memberifkan informasi untuk di tampilkan di bagian Frontend. dalam proses pembuatan API biasanya di kerjakan oleh bagian Backend dengan format yang sudah di sepakati dari awal saat proses planning.

Dalam membuat API akan memerlukan beberapa proses yang cukup kompleks dan membutuhkan waktu yang mungkin cukup lama, sehingga dibagian Frontend akan menunggu sampai API dari sisi Backend jadi atau bisa menampilkan API yang sesuai. kendalanya adalah bagian Frontend akan menunggu sampai API jadi sehingga proses dalam Development akan menjadi lama.

Untuk mempercepat proses Development di bagian Frontend supaya tidak menunggu API dari Backend jadi bisa menggunakan Fake API atau API palsu yang bisa digunakan sebagai simulator API dengan cepat tanpa harus menunggu API yang dibuat oleh Backend Developer. salah satu tools yang bisa digunakan adalah Json Server yang bisa kita gunakan tanpa kita harus menggunakan Database.

Untuk menggunakan Json Server hal yang dibutuhkan adalah NodeJS dan NPM atau** Yarn** cara kerja dari Json Server adalah menggunakan JSON sebagai databasenya. kita bisa menjadikan Json Server sebagai API fake yang menungkinkan kita menggunakan konsep Rest API yang memiliki beberapa method seperti GET, POST, PUT, PATCH, DELETE.

Pertama pastikan sudah menginstal NodeJS terlebih dahulu, kemudian install Json Server menggunakan NPM dengan perintah

npm install -g json-server

kemudian buat file dengan nama db.json atau apa saja dalam format JSON dan lokasi bisa dimana saja. isi file JSON seperti contoh di bawah ini

{
  "posts": [
    { "id": 1, "title": "json-server", "author": "typicode" }
  ],
  "comments": [
    { "id": 1, "body": "some comment", "postId": 1 }
  ],
  "profile": { "name": "typicode" }
}

kemudian masukan perintah

json-server --watch db.json --port 3004

kemudian silahkan buka API dengan URL http://localhost:3004 menggunakan Web Browser atau menggunakan Postman

Maka akan muncul seperti dibawah ini

silahkan masukan URL http://localhost:3004/posts untuk mendapatkan data Posts

Kita bisa menggunakan Method POST, GET, PUT, Delete di dalam Json Server