Log monitoring NestJS menggunakan Winston dan Logtail

Logtail adalah log management yang digunakan untuk memonitoring log pada aplikasi yang kita buat. Logtail mendukung banyak bahasa pemrograman seperti NodeJS, PHP, Python, Go dan lainya.

Kenapa Log sangat penting untuk aplikasi yang kita buat?

Kegunaan utama dari log adalah untuk mencatat aktivitas dari website ketika terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan misalnya website mengalami gangguan seperti Error, atau database mengalami kendala.

Biasanya log akan otomatis tersimpan di dalam file log yang ada di website atau aplikasi. lokasinya tergantung dari website atau aplikasinya. namun ketika website mengalami error maka kita akan masuk ke server dan mencari log tersebut guna untuk mencari masalah atau kendala yang ada dan pastinya akan membutuhkan banyak waktu untuk mencarinya, sedangkan website kita harus cepat — cepat kembali normal seperti seblumnya. cara yang paling mudah adalah dengan menambahkan fitur Log management secara terpisah dan memiliki Tampilan User Interface seperti Logtail supaya kita bisa dengan mudah menemukan Bug atau Error pada website atau aplikasi kita.

Tutorial Logtail Nestjs, Winston