Apa itu Unit testing dan apa kegunaanya?

Unit testing adalah proses pengujian pada fungsi terkecil di dalam pengembangan sebuah perangkat lunak. Unit Testing merupakan salah satu bagian terpenting yang sering di abaikan dalam proses pembuatan Software.

Kenapa kita harus menggunakan Unit Testing?

Sebagai seorang pengembang Perangkat Luna tentunya kita berusaha membuat Perangkat Lunak yang berkualitas dan mudah di kembangkan di waktu yang akan datang.

coba kita bayangkan misal kita membuat perangkat lunak yang memiliki banyak fungsi yang mencapai Puluhan bahkan Ratusan fungsi dan setiap fungsi di kembangkan oleh orang yang berbeda - beda, mungkin waktu membuat fungsi para programmer sudah menjalankan fungsi tesebut dengan baik dan berjalan dengan baik, dan aplikasi juga berjalan dengan baik.

namun kemudian di waktu yang akan datang akan ada penambahan fungsi atau perubahan skema Perangkat lunak tesebut misal ada perubahan di Database yang memungkinkan melibatkan fungsi - fungsi yang lain yang sudah ada.

kemudian apa yang terjadi?

Mungkin tidak terjadi apa - apa dan atau bisa jadi ada banyak error. terus bagaimana kalau banyak yang error?, bagaimana solusinya? tentu kita pasti akan melakukan pengecekan satu per satu fungsi yang error tesebut. dan akan memakan lebih banyak waktu dan tenaga.

Unit testing akan sangat berperan besar dari kasus di atas, karena kita hanya kan melakukan beberapa perintah yang akan mengecek semua fungsi yang ada, sehingga error akan mudah di cari dan akan cepat di atasi.

Unit Testing juga bisa di implementasikan di dalam proses Deployment, misal kita mau Software ke Production, untuk memastikan Perangkat Lunak Berjalan dengan lancar kita bisa melakukan Automated Testing dengan Unit Testing, sehingga Software yang kita deploy ke Production sudan benar - benar sesuai dengan yang kita inginkan.