Instalasi Faremework Yii2

Thumbnail image

Yii2 adalah salah satu framework open source yang menggunakan bahasa pemrograman PHP yang di buat untuk membuat aplikasi berbasis website yang modern dan cepat. Nama Yii (diucapkan Yee atau [ji:]) yang berarti “sederhana dan berevolusi” dalam bahasa Cina. Hal ini dapat juga dianggap sebagai singkatan Yes It Is (Ya, Itu Dia)!. 

Aplikasi Yii diorganisir berdasarkan pola arsitektur model-view-controller (MVC). Model merepresentasikan data, pengaturan dan proses bisnis; view adalah output yang merepresentasikan model; dan controller mengelola input dan merubahnya menjadi perintah-perintah untuk model dan view

Untuk proses instalasinya cukup mudah. Kita akan menggunakan composer untuk menginstalnya. Ada beberapa peralatan yang harus di persiapak sebelum menginstal framework Yii2. 

  • PHP (XAMPP) 
  • Composer 
  • Text Editor (Visual Studio Code, Sublime Text, etc) 
  • Terminal / CMD 

Setelah semua persiapan selesai kita akan mulai mengisntal Yii2 di dalam lokal komputer kita. 

 

Step 1: 

Tentukan lokasi proyek Yii2 yang akan kita buat, lalu buka Terminal atau CMD dan masukan perintah “composer create-project –prefer-dist –stability=dev yiisoft/yii2-app-basic latihan-yii2” kemudian enter, dan Tunggu sampai proses instalasi selesai. 

 

 

Step 2: 

Masuk kedalam folder “latihan-yii2” Jalankan perintah “php yii serve” pada Terminal/CMD. 

 

Step 3: 

Buka browser dan masukan alamat http://localhost:8080 

 

Selamat Yii2 telah diinstall dengan benar di lokal komputer.